Cara Mengatasi Kesedihan Saat Liburan

Kesehatan dan kebugaran menyentuh kehidupan setiap orang secara berbeda. Ini adalah kisah satu orang.

Saya telah membuat blog yang sukses dan seluruh jaringan online tentang bagaimana keyakinan holistik dapat melengkapi kesehatan mental - tetapi saya tidak pernah kebal terhadap tantangan saya sendiri. Bahkan, tahun lalu adalah salah satu musim liburan terburuk saya.

Beratnya berbagai kerugian dalam hidup saya mulai membebani saya, dan selama sebuah episode kecemasan, saya menemukan diri saya mencari bantuan. Saya akhirnya menarik diri dari media sosial melalui tahun baru dalam upaya untuk memusatkan pikiran saya kembali dan mengaitkan kembali semangat saya. Saya juga bersatu dengan seorang mentor, yang mengingatkan saya tentang siapa saya, dan membantu mengembalikan visi saya ke jalurnya.

Tetapi meskipun saya proaktif dalam pemulihan saya, saya masih ditantang oleh pikiran saya setiap hari. Dan saya tahu bahwa saya tidak sendirian.

Pergi ke ujung kaki dengan kecemasan atau depresi pada hari apa saja di tahun itu cukup sulit. Tumpukan pada semangat gembira liburan, dan apa yang seharusnya menjadi waktu kegembiraan dan sihir, bagi banyak orang, hanya menciptakan disonansi emosional yang lebih dalam.

Dan disonansi itulah yang membuat Anda sadar bahwa kondisi mental dan emosi Anda secara nyata tidak bersentuhan dengan dunia di sekitar Anda. Terutama ketika Anda mengalami kehilangan yang dalam, terendahnya penyakit mental, atau jarak dari orang-orang yang Anda cintai, musim dingin membawa penyorot ke duka yang mendasarinya.
Apakah itu kesedihan atau depresi musiman?

Gangguan afektif musiman (SAD), juga dikenal sebagai depresi musiman, adalah jenis gangguan depresi utama yang terkait dengan perubahan musim dan ketidakseimbangan neurokimia di otak. Menurut American Academy of Family Physicians, antara 4 dan 6 persen orang di Amerika Serikat mengalami SAD. Sebanyak 20 persen mungkin memiliki bentuk yang ringan. SAD lebih sering terjadi pada wanita dan dewasa muda.

Namun, penting untuk memahami bahwa ada perbedaan yang dapat diidentifikasi antara depresi musiman dan apa yang akan saya sebut "kesedihan situasional".

Kesedihan situasional adalah kesedihan alami dan sesaat yang terkait dengan situasi perubahan atau kehilangan dalam hidup. Misalnya, wajar untuk meratapi kenangan orang yang dicintai yang hilang dari Anda selama perayaan liburan. Sangat alami untuk merasa kehilangan ketika Anda jauh dari komunitas keluarga dan teman Anda. Sangat alami untuk merasakan kepedihan dari perpisahan, perubahan pekerjaan, atau berat transisi besar yang telah mengubah dinamika biasa liburan Anda.

Sebaliknya, mengidentifikasi depresi musiman akan dimulai dengan mampu mengenali pola depresi yang mengganggu selama waktu yang sama tahun. Menurut National Institute of Mental Health, beberapa tanda dan gejala ini termasuk:

    merasa tertekan hampir sepanjang hari, hampir setiap hari
    merasa putus asa atau tidak berharga
    kehilangan minat dalam kegiatan yang pernah Anda nikmati
    mengalami kelelahan dan masalah tidur
    mengalami perubahan selera atau berat badan Anda
    sulit berkonsentrasi
    sering memikirkan kematian atau bunuh diri
    makan berlebihan
    penarikan sosial

Berikut ini beberapa langkah yang dapat membantu Anda mengelola kesedihan atau kesedihan situasional pada musim liburan ini.
Langkah 1: Biarkan diri Anda menjadi rentan

Jika Anda berjuang di musim ini, hal pertama yang saya sarankan adalah ini: Akui saja.

Saya berharap saya dapat mengedipkan mata saya dan dapat membantu orang lain untuk sampai ke sisi lain dari proses berkabung. Namun, saya tahu bahwa kerendahan hati tumbuh dari kerentanan ini. Di sinilah welas asih dipupuk dan kekuatan yang tidak biasa muncul yang membuat kita menjadi manusia yang lebih baik, jika kita membiarkannya membentuk kita sesuai dengannya. Ada hal-hal yang hanya bisa kita dapatkan di tempat-tempat yang rusak.

Satu janji yang selalu mengaitkan saya di saat-saat terberat saya, dan yang selalu menjadi kenyataan, berasal dari iman saya: “Dan setelah Anda menderita untuk sementara waktu, Allah segala kasih karunia, yang telah memanggil Anda untuk kemuliaan kekal-Nya di dalam Kristus. , Akankah Dia memulihkan Anda, mengamankan Anda, menguatkan Anda, dan membangun Anda. ”(1 Petrus 5:10).

Apapun bentuk spiritualitas yang Anda ambil, akui perjuangan Anda. Ketahuilah bahwa mereka akhirnya bisa menjadi kekuatan.
Langkah 2: Persiapkan diri Anda untuk musim dingin

Jika Anda sadar bahwa musim dingin adalah musim yang sulit bagi Anda, maka jagalah diri Anda sendiri dengan membuat rencana tindakan yang dipersiapkan sebelumnya. Biasakan bersikap proaktif, bukannya reaktif, tentang kesehatan mental Anda.
1. Buat rencana perawatan diri

Buat daftar kegiatan yang dapat Anda lakukan, atau orang yang dapat Anda telepon sebelumnya untuk membantu mengurangi hari-hari yang sulit.
2. Investasikan dalam kotak cahaya

Terapi cahaya telah dikenal untuk membantu mengimbangi efek samping dari kurangnya sinar matahari selama musim dingin, terutama dalam kasus SAD.
3. Baca sesuatu yang inspiratif setiap hari

Jika Anda rohani, kebaktian Advent dapat membantu menjaga fokus Anda pada alasan untuk musim. Sulit untuk konsisten dalam pertumbuhan rohani ketika merasa terjebak secara emosional, tetapi aplikasi seperti YouVersion dapat membantu, dan mereka bahkan mengirim pengingat.

Dan jika Anda tidak spiritual, ada banyak aplikasi lain di luar sana yang menawarkan kutipan motivasi harian, video, dan kiat untuk membantu Anda menjadi diri terbaik Anda.
4. Dapatkan tubuh Anda bergerak

Koneksi pikiran-tubuh lebih kuat dari yang disadari kebanyakan orang. Bukan hanya olahraga yang mendorong perilaku proaktif, tetapi sudah terbukti melepaskan endorfin di otak, yang dapat memberi dorongan pada suasana hati Anda. Olahraga juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, membantu konsentrasi, dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.
5. Ciptakan rutinitas pagi

Baik itu bangun ke daftar putar favorit Anda atau menyisihkan waktu untuk momen keheningan dan doa, menciptakan rutinitas pagi yang membuat Anda siap untuk hari ke depan - baik secara fisik maupun mental - dapat membantu bertindak sebagai jangkar untuk memulai hari secara positif.
6. Pergi ke cuti media sosial

Daripada berfokus pada orang lain, gunakan waktu ini untuk menyesuaikan diri dengan prioritas Anda, bekerja pada pengembangan pribadi, dan berlatihlah hadir. Diri masa depan Anda akan berterima kasih.
7. Jurnal pengalaman Anda

Jurnal tidak hanya membantu Anda melacak suasana hati Anda dan apa yang mungkin berkontribusi terhadapnya, itu juga dapat menjadi pengingat yang menggembirakan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk melewati beberapa hari terburuk Anda. Jangan pernah meremehkan efek terapeutik dari menulis melalui pikiran Anda.
Langkah 3: Bergerak maju

Sangat mudah untuk terjebak dalam semua ide budaya yang mengelilingi liburan: konsumerisme, kumpul-kumpul yang terorganisasi dengan baik, asmara musim dingin. Tetapi jika Anda mengalami kecemasan, depresi, atau diagnosis lainnya, itu dapat membantu - terutama jika Anda merayakan Natal - untuk mengingatkan diri sendiri tentang apa liburan ini.

Daripada menekan diri Anda dengan standar musim, duduklah dengan jiwa Anda dan berikan perawatan yang dibutuhkannya. Tarik napas dalam-dalam. Beri diri Anda izin untuk melakukan ini.

Akhirnya, sementara mungkin ini bukan bagaimana Anda membayangkan liburan, itu hanya berarti satu hal: Anda manusia. Berikan diri Anda rahmat untuk memproses di mana Anda berada. Prioritaskan dukungan dan perubahan pribadi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan diri Anda ke tempat yang lebih baik.

Ambillah dari seseorang yang pernah ada di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar