Penyebab Air Mani Berwarna Kuning

Air mani yang sehat biasanya berwarna putih atau putih keabu-abuan. Jika air mani Anda berubah warna, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan kesehatan Anda. Air mani kuning mungkin tidak perlu khawatir, tetapi mungkin juga merupakan tanda kondisi medis yang mendasarinya.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dapat menyebabkan perubahan dalam warna semen dan kapan Anda harus menemui dokter.
Penyebab

Ada beberapa alasan mengapa air mani Anda mungkin berwarna kuning.

Urin dalam air mani

Terkadang urine bisa tertinggal di uretra. Uretra adalah tabung yang membawa urin dan sperma keluar dari tubuh Anda. Ketika ini terjadi, air seni dan air mani dapat bergabung sebagai air mani keluar dari penis Anda. Campuran air seni dan air mani dapat membuat air mani Anda terlihat kuning.

Retensi urine dapat disebabkan oleh:

    infeksi saluran kemih
    prostat membesar, juga dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia
    sebuah infeksi
    kondisi lain

Penyakit kuning

Jika Anda mengalami sakit kuning, kulit dan putih mata Anda akan tampak kuning. Kondisi ini juga bisa memengaruhi warna air mani Anda. Jaundice adalah hasil dari tingkat tinggi pigmen empedu kuning-oranye, yang dikenal sebagai bilirubin, di dalam tubuh Anda. Ini dapat disebabkan oleh:

    virus (seperti hepatitis)
    gangguan autoimun
    cacat metabolisme genetik
    penggunaan alkohol
    obat-obatan tertentu
    batu empedu atau radang kantung empedu
    kanker kandung empedu atau pankreas
    pankreatitis

Leukocytospermia

Kondisi ini ditandai dengan jumlah sel darah putih yang luar biasa tinggi dalam air mani. Leukocytospermia, yang juga disebut pyospermia, dapat menyebabkan air mani Anda berwarna kuning. Kondisi ini dapat melemahkan dan merusak sperma Anda, yang dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan. Ini dapat disebabkan oleh:

    sebuah infeksi
    bengkak di daerah penis atau selangkangan Anda
    infeksi genital, seperti herpes, gonore, atau klamidia
    gangguan autoimun
    striktur uretra, yang merupakan penyempitan uretra Anda
    ejakulasi jarang
    pembuluh darah melebar atau melebar yang berasal dari testikel Anda
    alkohol, ganja, atau penggunaan tembakau
    penyakit lain

Baca lebih lanjut: Pria klamidia uretritis »
Infeksi prostat

Semen yang tampak berwarna hijau kekuning-kuningan bisa menjadi gejala kemungkinan infeksi prostat. Infeksi prostat dapat terjadi ketika bakteri dalam urin Anda bocor ke prostat Anda. Gejala termasuk:

    sulit, menyakitkan, atau sering buang air kecil
    urine berawan
    ejakulasi menyakitkan
    nyeri di punggung bagian bawah, perut, penis, atau selangkangan

Faktor gaya hidup

Alkohol dan tembakau dapat memengaruhi warna air mani Anda dan menyebabkannya menguning sementara. Beberapa pria juga secara anekdot melaporkan perubahan warna air mani ketika mereka makan makanan tertentu, seperti yang tinggi sulfur, termasuk bawang putih, bawang, dan daun bawang. Obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab air mani kuning.
Penyakit menular seksual dan warna air mani

Beberapa penyakit menular seksual (PMS), seperti gonore atau klamidia, dapat menyebabkan keputihan berwarna putih kekuningan yang berasal dari penis Anda.

Jika Anda memiliki PMS, debit dapat disertai dengan:

    terbakar saat buang air kecil
    rasa sakit
    gatal
    sering buang air kecil

STD tertentu juga dapat menyebabkan leukocytospermia, yang dapat menyebabkan air mani tampak kuning.

Sangat penting untuk menemui dokter Anda jika Anda berpikir Anda mungkin mengalami STD. Perawatan yang tepat dapat membantu gejala dan mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit ke orang lain.

Pelajari lebih lanjut: Tanda dan gejala STD umum pada pria »
Periksa ke dokter

Perubahan warna semen mungkin hanya sementara dan hilang dengan sendirinya. Jika Anda memperhatikan bahwa warna air mani Anda tetap kuning selama lebih dari satu atau dua minggu, temui dokter Anda.

Anda juga harus membuat janji dengan dokter Anda jika Anda mengalami perubahan warna semen bersama dengan gejala lainnya, seperti:

    rasa sakit
    masalah dengan fungsi seksual
    demam
    darah dalam air kencingmu

Pengobatan

Perawatan akan bergantung pada apa yang menyebabkan air mani Anda menguning.

Untuk memperbaiki masalah retensi urin dan ikterus, dokter akan mengobati kondisi yang menyebabkan masalah.

Jika Anda memiliki leukocytospermia, Anda mungkin diberikan antibiotik, obat anti-inflamasi nonsteroid, atau suplemen tertentu. Dalam beberapa kasus, operasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan kondisi tersebut.

Terapi untuk STD dan infeksi prostat mungkin termasuk antibiotik.
Pandangan

Perubahan warna semen mungkin tampak mengkhawatirkan pada awalnya, tetapi ingat itu bisa sementara. Jika Anda tidak mengalami gejala lain, tunggu apakah air mani Anda kembali ke warna normal.

Jika warna air mani Anda terus tampak kuning, bicaralah dengan dokter Anda. Perawatan yang tepat bisa mengatasi masalah lain yang memengaruhi kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar