Kapan Harus Berkonsultasi dengan Psikolog

 Apakah sudah waktunya untuk mendapatkan bantuan?

Hidup jarang tanpa tantangannya. Namun ada beberapa yang bisa begitu sombong sehingga tampaknya mustahil untuk melanjutkan. Entah itu kematian orang yang Anda cintai atau perasaan cemas yang luar biasa, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa bantuan tersedia untuk setiap masalah yang Anda hadapi.

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang alasan umum orang melihat psikolog.
Kerugian

Kematian adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan, tetapi itu tidak membuatnya lebih mudah untuk dihadapi. Semua orang menangani kehilangan orang yang dicintai - apakah orang tua atau hewan peliharaan - berbeda. Bersedih secara terbuka atau pribadi adalah cara yang umum, tetapi menghindari kenyataan kehilangan dapat menyebabkan masalah yang lebih lama dan berlama-lama.

Seorang psikolog dapat membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk mengatasi kematian seseorang yang dekat dengan Anda.
Stres dan kecemasan

Faset kehidupan tertentu sangat menegangkan, dan banyak situasi - dari wawancara kerja hingga masalah hubungan - dapat menyebabkan Anda merasa cemas. Stres dan kecemasan, jika dibiarkan memburuk, dapat menyebabkan isolasi sosial, depresi, dan banyak masalah lainnya.

Seorang psikolog dapat membantu Anda mengelola stres dan kecemasan dengan menemukan sumber atau penyebab masalah Anda, serta cara yang tepat untuk mengatasinya. Baca lebih lanjut tentang stres dan kecemasan.
Depresi

Terlalu banyak perasaan tidak berdaya atau putus asa adalah tanda-tanda umum depresi. Sementara banyak yang percaya bahwa orang hanya bisa “snap out” depresi, itu jarang terjadi. Depresi adalah gangguan umum di mana orang kehilangan minat dalam hal-hal, mengalami kelelahan, dan sering mengalami kesulitan mengendalikan emosi mereka.

Psikolog dapat membantu Anda menemukan sumber depresi Anda - seringkali langkah pertama untuk merasa lebih baik.
Phobia

Menjadi takut ketinggian dan laba-laba adalah fobia umum, tetapi beberapa ketakutan yang tidak biasa dan tidak berdasar dapat menciptakan masalah besar dalam hidup Anda. Misalnya, sitofobia (takut makan) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Seorang psikolog yang berpengalaman dapat membantu Anda mulai mengatasi ketakutan Anda sehingga Anda dapat hidup tanpa polyphobia (takut banyak hal) atau phobophobia (takut takut).
Masalah keluarga dan hubungan

Hubungan, baik keluarga, pribadi, atau terkait pekerjaan, mengalami pasang surut. Meskipun hubungan bisa menjadi beberapa hal terbaik dalam hidup, mereka juga bisa menjadi sumber stres dan masalah.

Bekerja dengan seorang psikolog, baik secara individu atau dalam pengaturan kelompok, dapat membantu menghilangkan kerutan yang dapat terbentuk bahkan dalam hubungan yang paling kuat sekalipun.
Kebiasaan dan kecanduan yang tidak sehat

Beberapa kebiasaan tidak sehat - seperti merokok, minum, dan penggunaan narkoba - sering digunakan untuk menghindari masalah mendasar yang lebih besar atau mengobati diri sendiri.

Sementara psikolog Anda akan membantu Anda mendapatkan masalah itu, mereka juga dapat membantu Anda mengatasi masalah yang segera dihadapi kesehatan Anda, seperti:

    kecanduan
    gangguan Makan
    manajemen stres
    masalah tidur

Peningkatan performa

Beberapa orang yang paling sukses mencapai tujuan mereka dengan memvisualisasikan mereka terlebih dahulu. Atlet sering mempersiapkan mental untuk kompetisi dengan intensitas sebanyak mereka melatih tubuh mereka secara fisik. Yang lain menggunakan teknik ini untuk mempersiapkan secara proaktif untuk acara kehidupan yang menantang.

Sama seperti Anda melatih pidato sebelum memberikannya, psikolog Anda dapat membantu Anda mempersiapkan acara besar sehingga Anda dapat melakukan yang terbaik, apakah itu Olimpiade atau wawancara kerja.
Kejelasan mental

Seorang psikolog dapat membantu Anda meningkatkan kejernihan mental Anda dengan bertindak sebagai serangkaian telinga yang tidak bias. Seringkali, orang menemukan solusi mereka sendiri hanya dengan mendengar diri mereka berbicara keras dalam terapi.

Membuat masalah mereka di tempat terbuka membantu banyak orang meningkatkan kejernihan mental mereka, menjadi lebih mampu berkonsentrasi, dan menjadi lebih berorientasi pada tugas. Psikolog dilatih untuk menjadi pendengar yang baik.
Cacat mental

Terkadang beberapa gejala disebabkan oleh masalah yang lebih besar. Gangguan mental dapat menampakkan diri dalam beberapa cara. Mereka sering menyamar sebagai sesuatu yang lain dan hanya dapat ditemukan dengan bantuan seorang profesional kesehatan mental.

Beberapa gangguan mental dengan berbagai gejala termasuk:

    gangguan bipolar
    gangguan depresi mayor
    skizofrenia
    gangguan stres pasca-trauma

Menemukan bantuan yang tepat

Seorang psikolog dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam alat kesehatan pepatah Anda. Dengan membantu Anda menjaga pikiran yang jernih dan mengelola stres, kecemasan, fobia, dan masalah lain yang Anda hadapi, seorang psikolog dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari kehidupan dan membuat Anda bebas dari gejala depresi dan masalah mental lainnya.

Langkah pertama adalah menemukan seorang psikolog lokal dan memulai hubungan yang terbuka, komunikatif, dan sejahtera. Setelah itu, semuanya adalah bekerja sama untuk memaksimalkan kesehatan mental Anda dan membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar